Selamat Datang di Guitar Laboratory

Kursus Privat Gitar Elektrik Langsung Bersama Doni Riwayanto, S.Sn di Yogyakarta

Hubungi: doni_riwayanto@yahoo.co.id

atau in box ke account facebook doni riwayanto

Doni Riwayanto adalah seorang instruktur gitar elektrik yang telah berpengalaman lebih dari 7 tahun mencetak gitaris-gitaris muda handal.

Selain sebagai instruktur gitar juga aktif menulis buku, artikel, maupun sillabus pengajaran musik.

Beberapa buku telah diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama. Salah satu bukunya merupakan best seller buku musik di Gramedia Pustaka Utama. Berjudul “Gitar Elektrik - Teknik Dasar dan Aplikasi” serta “Mainkan Lead Guitar - Manuver-manuver aplikatif dalam permainan lead guitar elektric”.

Mendapatkan gelar Sarjana Seni Musik dari Institut Seni Indonesia dengan tugas akhir berjudul "ANALISIS MUSIKOLOGIS FENOMENA POLYCHORDAL DALAM POLA PENEMPATAN ARPEGGIO SEPTIM TERHADAP AKOR-AKOR SUPERIMPOSE (Sebuah Studi Improvisasi Jazz Untuk Instrumen Gitar).





29 July 2009

Catatan Penjurian Band Blast (Asean Beat) 2009 Regional Jateng DIY

Catatan Penjurian
Band Blast (Asean Beat)
2009
Regional Jateng DIY

oleh doni riwayanto



Hari ini, Rabu 29 Juli 2009 kembali saya melakukan penjurian. Kali ini penjurian untuk babak penyisihan Band Blast (penggantinya Asean Beat) wilayah jateng dan DIY. Band Blast kali ini tergolong gagal dalam promosi. Dari yamaha pusat di Jepang proyek ini telah diumumkan sejak Februari 2009. Namun karena beberapa persoalan teknis sehingga sosialisai ke masyarakat hanya dilakukan dalam sebulan terakhir. Hal ini berpengaruh pada jumlah peserta yang mendaftar. Kali ini peserta hanya 16 band. Berasal dari berbagai daerah termasuk luar jateng dan DIY.

Meski peserta hanya 16 band namun 70% diantaranya memiliki kemampuan bagus. Sementara warna musik yang dibawakan tergolong beragam. Mulai dari fusion dengan gaya-gaya mirip casiopea, progresif selayak creed, metal baru seperti Avanged, hip-metal lengkap dengan turn table selayak Linkin Park, Etnik dengan penambahan sedikit instrumen gamelan, pop easy listening seperti band-band yg laris manis saat ini, hingga rock n roll dengan sentuhan baru yang unik.

Ukuran penilaian adalah sebagai berikut:

  1. Komposisi max nilai 25 point
  2. Skill max nilai 20 point
  3. Performance max nilai 15 point
  4. Sound max nilai 20 point
  5. Improvisasi max nilai 20 point
sehingga jika peserta dapat mengumpilkan nilai maksimal dari seluruh point, dia akan mendapat point 100.

Itu artinya band yang sangat sempurna. Dalam kenyataannya dalam ukuran penilaian penulis, maksimal nilai yang dicapai adalah 68 point.


Kesan dari penulis adalah bahwa katerampilan band-band anak muda (rata-rata anak smu atau awal-awal kuliah) saat ini telah jauh meningkat dibanding sebelum-sebelumnya. Meskipun secara individu masih banyak yang perlu dikembangkan, namun dalam level band, mereka berhasil menciptakan karya yang bagus dan mampu memainkannya secara rapi dengan harmonisasi sound yang seimbang.

Akhirnya. Selamat untuk 7 peserta yang lolos untuk seleksi tahap berikutnya menuju nasional. Semoga ada kandidat dari jogja yang masuk dalam tahap internasional.

Untuk ketujuh band yang lolos bukan berarti kalian telah bermain dengan sempurna. Seperti saya tuliskan sebelumnya, band terbaik diantara kalian hanya mendapat point 68. Sedangkan apakah band anda adalah band terbaik itu? belum tentu kan? Jadi point anda tentu dibawah angka tersebut. Maka tetaplah berusaha agar point anda bertambah.

Banyak catatan kritik bagi anda sekalian. Jika membutuhkan kritik tersebut saya dengan senang hati akan membaginya.

Salam sukses.